Pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy berlokasi di Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan merupakan daerah pesisir selatan selat madura. PP. Miftahul Ulum Al-Islamy berada pada perbatasan antara Kabupaten Sampang dan Bangkalan yang berdiri sejak tahun 1875 M. Sebagai lembaga pendidikan islam, PP. Miftahul Ulum Al-Islamy merupakan pesantren di Kabupaten Bangkalan yang mengelola Lembaga Pendidikan antara lain: TK, MI, MTs, MA, SMP, SMA dan SMK dengan alumni menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bermodal pengalaman mengelola lembaga pendidikan tersebut dan banyaknya berdiri SMA dan MA di wilayah Kabupaten Bangkalan dan Sampang, maka para Dewan Kyai yang diketahui oleh ketua yayasan KH. Moh. Ilyas Khotib memandang perlu serta mendesak berdirinya sebuah perguruan tinggi untuk menampung lulusan dari sekolah lanjutan tingkat atas tersebut.

Untuk merespon desakan itu, berkumpullah Dewan Kyai yang terdiri dari:

KH. Jacub Chatib
Jusuf Chatib
Ibrahim Chatib
Suaib Chatib
Mahfudz Al-Hafidz
Faqih Sulaiman
Sholeh Hasan
Muzakki Ismail
Abd. Aziz Wahid dan tokoh masyarakat serta para koordinator alumni PP. Miftahul Ulum Al-Islamy untuk memusyawarahkan berdirinya sebuah perguruan tinggi bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Ulum.

Sebagai langkah awal dibentuklah tim pendiri STIT Miftahul Ulum yang dikuasai oleh Drs. Ach. Subaidi AF dan beranggotakan: Markasan, S.Ag, Ach. Fauzi, S.Ag, Subairi, SH, Drs. Abd. Hamid MD, dan Drs. Syaifuddin MR. Yang bertugas mengadakan studi banding ke berbagai Perguruan Tinggi, Kopertais Wilayah IV Surabaya dan menyusun statuta, RIP serta mensukseskan keluarnya ijin operasional.

Selanjutnya, pengurus yayasan dan tim persiapan pendirian STIT Miftahul Ulum mengadakan rapat dan menunjuk Dr. H. Zainal Abidin, MS. Selaku Ketua STIT Miftahul Ulum Bangkalan. Maka pada tanggal 21 Oktober 2000, STIT Miftahul Ulum diresmikan oleh Prof. Dr. Saidun Fiddaroini, MA. (atas nama Rektor IAIN Surabaya/ Ketua Kopertais Wilayah IV) dengan dihadiri oleh Bapak Bupati Bangkalan, tokoh masyarakat dan ulama se-Madura. Dengan surat rekomendasi Bupati Bangkalan nomor : 450/06/443.022/2001 tanggal 22 Mei 2001 dan surat rekomendasi Kopertais Wilayah IV Surabaya nomor : 453/PP.03.2/Kop/IV/2001 tanggal 18 September 2001. Akhirnya STIT Miftahul Ulum mendapatkan status terdaftar untuk jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) nomor : DJ.II/268/2002 tanggal 16 Juli 2002. Perkembangan lebih lanjut STIT Miftahul Ulum membuka program D2 jurusan Pendidikan Guru SD/MI dengan ijin operasional dariKopertais Wilayah IV Surabaya nomor : 293/SK/Kop/IV/2003.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *