KULIAH KERJA NYATA (KKN)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MIFTAHUL ULUM

KEDUNGDUNG MODUNG BANGKALAN

TAHUN AKADEMIK 2021 – 2022

A.    LANDASAN PEMIKIRAN

Sebagai sebuah lembaga perjuangan, Miftahul Ulum Al-Islamy menjadikan pendidikan sebagai prioritas program. Maka terwujudlah STIT Miftahul Ulum. Namun demikian, lembaga ini tidak sekedar lembaga pendidikan dalam pengertian bukan sekedar sekolah yang tugas utamanya mentransfer ilmu kepada pada mahasiswanya. Secara nyata Miftahul Ulum Al-Islamy diharapkan menjadi embrio dari proses pembangunan masyarakat Islam. Seluruhnya diantarkan untuk menyatukan Iman, Ilmu sekaligus amal dalam kehidupan keseharian, untuk ikut membangun bangsa berlandaskan sendi agama. Dalam hal ini pembangunan dan agama adalah satu nafas. Pembangunan akan membawa kita ke arah kemajuan, dan agama akan mengantarkan kita ke arah kebahagiaan. Dan kemajuan yang penuh dengan kebahagiaan tentunya merupakan tujuan dari pembangunan masyarakat Indonesia, yakni masyarakat adil dan makmur.

Sebagai sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam, STIT Miftahull Ulum Kedungdung Bangkalan melalui Tri Dharmanya yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai upaya mewujudkan Pendidikan Nyata di tengah masyarakat. Ketiga Dharma tersebut dilaksanakan secara integral dengan adanya keterkaitan antara ilmu pengetahuan sebagai perwujudan dari dharma pendidikan, teori diperoleh melalui temuan dalam penelitian sebagai dharma yang kedua, kemudian dilanjutkan praktek sebagai wujud dari dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Untuk merealisasikan dari semua itu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan telah menyediakan wahana sebagai jembatan antara kepentingan masyarakat kampus dengan masyarakat pada umumnya. Semua ini diharapkan dapat secara akumulatif tercipta suasana kehidupan yang kondusif yakni masyarakat yang mempunyai mental agama yang kokoh dan berkepribadian yang luhur, adil makmur dan sejahtera sebagaimana yang diamanatkan oleh tujuan pembangunan nasional diatas. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk wahana bagi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan secara terpadu dan integral dari keseluruhan dharma tersebut. Diharapkan dari KKN ini, peran Mahasiswa sebagai bagian masyarakat dapat menumbuhkan kehendak masyarakat (utamanya masyarakat pedesaan) untuk melakukan perubahan ke arah kemajuan yang lebih baik, baik mental spiritual maupun sosiokultural. Dan perubahan itu tidak lain adalah pembangunan, sebab pembangunan tidak lain adalah perubahan secara berencana yang diinginkan untuk memberi hasil yang bermanfaat bagi orang-orang yang terlibat didalamnya.

Atas dasar pemikiran tersebut diatas, maka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai wahana mahasiswa untuk belajar berkarya, meneliti sekaligus mengabdikan ilmu yang diperolehnya kepada masyarakat dalam rangka mempertajam dan memperdalam wawasan ilmu dan amal.

B.    TUJUAN KEGIATAN

C.1.    Mahasiswa menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat.

C.2.    Membantu Pemerintah mempersiapkan kader-kader pembangunan pedesaan.

C.3.    Mendekatkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Ulum terhadap masyarakat dan lebih menyesuaikan pendidikan tinggi kepada pembangunan.

C.   TARGET KEGIATAN

D.1.    Mahasiswa

D.1.1.   Mampu memadukan teori yang sudah didapatkan di bangku kuliah dengan praktek di lapangan.

D.1.2.   Mampu bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

D.1.3.   Mampu memberikan tauladan bermasyarakat dan memberikan pengalaman dengan menumbuhkan sikap profesionalisme dalam rangka pengabdian kepada masyarakat desa.

D.1.4    Mampu mempraktekkan budaya islami dilingkungan masyarakat.

D.1.5.   Mampu mengenalkan STIT Miftahul Ulum dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy.

D.1.6.   Mampu berinteraksi di masyarakat sebagai pendidik.

D.2.1.   STIT dikenal di masyarakat desa lokasi KKN dan sekitarnya.

D.2.2.   Terjalin hubungan kemitraan dalam bidang pendidikan.

D.2.3.   Mendapatkan umpan balik untuk penyusunan program selanjutnya.

D.    TEMA KKN

Tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2021/2022 : KKN 2022 Berinovasi dan Berkreasi Pasca Pandemi Covid-19 Menuju Tatanan Sosial Kemasyarakatan yang Edukatif, Partisipatif dan Kolaboratif Berlandaskan nilai-nilai keislaman”.

F.    STATUS PENYELENGGARAAN

  1. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari kurikulum STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.
  2. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan dengan Surat Keputusan Ketua STIT Miftahul Ulum Nomor : 070/090.6/07.2022 tentang Penyelenggaraan KKN.

G.   PESERTA KKN

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan untuk tahun akademik 2021 – 2022 adalah Mahasiswa STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan yang sudah menyelesaikan 120 sks berjumlah 65 mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).  (sebagaimana terlampir ).

H.    LOKASI KKN

Pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademi 2021-2022 STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan mengambil lokasi di Desa Jrengik, Desa Taman, Desa Panyepen Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.

I.    WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Miftahul Ulum Kedungdung Bangkalan Tahun Akademik 2021-2022 dibagi dalam tiga tahapan dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Tahap Persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bulan Juni 2022
    1. Pembuatan Proposal dan desain operasional Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    2. Konsultasi dengan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy mengenai anggaran KKN
    3. Pengurusan Izin
    4. Menyiapkan bahan latihan pembekalan KKN
    5. Pelaksanaan pembekalan KKN
    6. Survei pendahuluan lokasi KKN
    7. Rapat penetapan lokasi yang disepakati.
  2. Tahap Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tanggal 25 Juli 2022 – 24 Agustus 2012.
    1. Pelepasan mahasiswa ke lokasi KKN
    2. Pembinaan di lapangan dan supervisi
    3. Monitoring pelaksanaan KKN
  3. Tahap Pelaporan Hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) tanggal 25 Agustus 2022 – 08 September 2022
    1. Evaluasi pelaksanaan KKN
    2. Perbaikan laporan akhir KKN
    3. Penggandaan dan penyerahan laporan akhir KKN

J.    BIDANG GARAPAN

Bidang garap Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Miftahul Ulum secara umum meliputi bidang-bidang :

  1. Keagamaan
  2. Pendidikan
  3. Seni budaya dan Kepemudaan
  4. Olah raga dan Kesehatan
  5. Lingkungan dan pemerintahan desa

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.