STITMU BANGKALAN – Sebagai salah satu Perguruam Tinggi Islam Swasta di Bangkalan terus membaca peluang dalam melayani pendidikam generasi muda.

Menjawab tantangan tersebut, STITMU Bangkalan mendapatkan izin pembukaan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor  84 Tahun 2021 tentang Izin Pembukaan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah di Kabupaten Bangkalan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy secara resmi akan menerima mahasiswa baru pada ajaran tahun ini.

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI STITMU Bangkalan telah diresmikan dalam acara “Launching Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMIProgram Sarjana”. Acara tersebut berlangsung pada Ahad (16/1) di Aula STITMU Bangkalan Jl. KH Ach Dahlan No.374 Congaban Patereman Modung, Kabupaten Bangkalan dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Launching Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI Program Sarjana yang dihadiri Kepala Sekolah SMK/SMA/MA, Pembina Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy, Ketua Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy KH. Moh ayyub Mustofa, Lc., MA.. Kepala  Subdirektorat  Pengembangan  Akademik  Direktorat  Pendidikan  Tinggi  Keagamaan Islam Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Dr. KH. SYAFI’ I, M.Ag, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Prof. Dr. Ny. Hj. ZUMROTUL MUKAFFA, M.Ag sekaligus Dosen tetep STITMU Bangkalan, Acara tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars, dan Hymne STITMU Bangkalan.

Ketua STITMU Bangkalan Dr. H. Ach Subaidi Affan, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, STITMU Bangkalan merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Tarbiyah pertama di Kabupaten Bangkalan, yang sejak tahun 2000 di bangun memiliki satu prodi yaitu prodi PAI. Pembukaan prodi baru ini menjadi acuan untuk menjawab tantangan di bidang Pendidikan teknologi, berbagai tantangan tersebut salah satunya terkait kualitas lulusan yang harus diterima di masyarakat.

Beliau menegaskan, bahwa Prodi PGMI STITMU Bangkalan di ajarkan menajadi seorang guru atau pendidik juga di ajarkan tentang pengabdian kemasyarakat sehingga diharapkan nantinya lulusan bisa menjadi seorang pendidik yang bisa mengajarkan cara menjadi guru yang baik dan tepat seperti halnya yang telah di pelajari ketika kuliah. Lebih luasnya lagi dari segi pendidikan diajarkan bagaimana mengelola kelas, dll. Yang mana mereka akan dapat gelajar Sarjana Pendidikan.

Sambutan kedua oleh Ketua Pondok Miftahul Ulum Al-Islamy dilanjutkan oleh Dr. KH. SYAFI’ I, M.Ag, dan  Prof. Dr. Ny. Hj. ZUMROTUL MUKAFFA Beliau menegaskan, Pendidikan sangat penting bagi insan manusia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan potensi manusia, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. KH. SYAFI’ I, M.Ag, melakukan serah terima Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor  84 Tahun 2021 tentang Izin Pembukaan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Ulum di Kabupaten.