KKN Tematik Covid-19 merupakan aktualisasi kolaborasi Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait (hingga tingkat daerah).

Pembekalan KKN Tematik STIT-MU Bangkalan dilaksanakan pada minggu pertama Agustus. Pembekalan diberikan sesuai tema umum dan tema khusus Covid-19. Tema pada pembekalan kalini yaitu “Meningkatkan semangat religiusitas masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STITMU akan di laksanakan secara reguler yang akan dimulai pada bulan Agustus ini. Mulai tanggal 05-26 Agustus 2021. “Program kolaborasi KKN Tematik berfokus pada Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta untuk adaptasi kebiasaan baru. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu warga masyarakat, kelompok/komunitas tertentu, dan aparat pemerintah desa di lokasi KKN Tematik.” Ujar LPPM Raudlatul Jannah.

Pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 memiliki target output berupa log book harian pelaksanaan KIE untuk Adaptasi Kebiasaan Baru, Refleksi perubahan perilaku masyarakat, Video Adaptasi Kebiasaan Baru. “Mari kita sukseskan bersama pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 di momentum yang sangat prihatin ini kita bisa ikut berkontribusi menyelesaikan masalah Covid-19 dengan 3 poin penting dari sisi mahasiswa, masyarakat, dan kontribusi institusi,”

Sementara itu, Mo Isbir Kajur STITMU menyampaikan bahwa upaya untuk menanggulangi Covid-19 sangat bergantung pada kesadaran masyarakat. Pada kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat melihat adanya pola yang berubah dari kegiatan masyarakat setelah pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 selama satu bulan.  “Ada berbagai macam kegiatan kreatif yang akan di motori oleh mahasiswa dan didampingi oleh berbagai macam institusi maupun lembaga yang akan mendukung kegiatan ini serta ada pelaporan untuk memberikan assessment terhadap setiap daerah apakah daerah tersebut sudah memiliki ketangguhan desa terhadap Covid-19. Diharapkan ada ide kreatif yang ada di daerah di dokumentasikan untuk bisa disampaikan ke masyarakat umum untuk menjadi pendorong daerah lain untuk ikut KKN Tematik,”

Di sisi lain Ketua LPPM, Raudlatul J, M.Pd, menerangkan bahwa kegiatan KKN Tematik ini di ikuti oleh mahasiswa semester 7 dengan jumlah mahasiswa yang berpartisipasi sebanyak 38 mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *