Rangkaian Acara Hari santri Nasional dan tahun baru islam meninggalkan kesan yang sangat mendalam .

Malam itu suara gemuruh kembang api mewarnai langit patereman setelah di telusuri ya pastinya hal itu berasal dari pesantren kita tercinta. Malam itu kita semua berbahagia ata adanya hari santri nasional dan peringatan tahun baru islam serta haul dari KH. Dahlan Chotib, pemandangan yang lain itu menarik admin untuk segera bergegas menuju lokasi pastinya karena admin yakin pasti acara mala ini akan sangat meriah , walau posisi rumah tidak ada orang kebetulan keluarga ada acara di kota trenggalek hal itu tidak mengurugkan niatan admin untuk segera menuju lokasi acara.

Alhamdulillah sesampainya di sana apa yang ada di benak admin pun terbukti . sejauh mata memandang hamparan penonton hadir dan duduk menyaksikan acara tersebut tadi malam . maklum malam itu memang penonton nya selain dari kalangan santri pengasuh juga mengundang para jajaran dewan guru dan tokoh masyarakat serta yang paling dominan adalah jajaran alumni yang sengaja di undang pengasuh untuk sekedar menikmati suguhan menari malam itu.

Acara di awali dengan penampilan modern banjari dari salah satu group banjari yang terkenal khususnya di daerah jawa timur yaitu Annsydusshofa. Group sholawat yang ternama yang sengaja pengasuh datangkan dari kota bangkalan untuk sekedar memberikan hiburan islami kepada para undangan yang hadir mala itu khususnya kepada alumni yang memang pengasuh jadikan sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan nya selama ini karena sudah ikut andil besar dalam pembangunan pesantren salah satunya adalah berdirinya pesantren cilik yang berada di naungan PP. Miftahul Ulum Al-Islamy.

Setlah itu acara hiburan di pending yang berarti acara inti akan segera dimulai. MC membacakan susunan acaranya sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pelantikan pengurus FIS (Forum Intelektual Santri) masa bakti 2016/2017
  3. Sambutan tunggal dari pengasuh
  4. Acara inti yaitu mauidhatuk hasanah dari Dr. Kh. Imama Mawardi dari Surabaya

Acara dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah yang dikomandoi oleh MC sendiri . yang dilanjutkan acara kedua yaitu pelantikan pengurus baru FIS (Forum Intelektual Santri) yang diawali dengan pembacaan surat keputusan dan lampirannya oleh Ust Andi dan Ust. Ripen sebelum akhirnya para pengurus dilantik dan disahkan oleh pengasuh yaitu Kh. Ayub Musthofa M.A. acara dilanjutkan dengan sambutan tunggal yang alahamdulillah malam itu langsung disampaikan pengasuh kita yaitu hadirotuss syeh Kh. Ilyas Chotib yang Alhamdulillah mala itu beliu sangat bersemangat hal tiu dapat dilihat dari sambutan yang disampaikan beliau.

Seperti biasa beliau mengawali sambutannya dengan rasa syukur kepada Alla dan menyebutkan satu persatu tamu kehormatan malam itu sebelum akhirnya beliau menjelaskan maksud dari adanya acara malam itu .selain acara tahun baru islam dan hari santri nasional beliau juga menjelaskan kepada para undangan bahwa acara ini juga sebagai Haul dari pendiri pesantren kita yaitu orang tua beliau sendiri Kh. Dahlan Chotib dan Istri Nyai Amna makanya malam itu beliau sempatkan untuk membacakan al-fatihah kepada keduanya dan seluruh sesepuh para hadirin yang hadir malam itu , terkait momen hari santri nasional beliau memberikan motivasi kepada para santri bahwa momen ini dapat dijadikan awal dan cara fikir baru dimana sebagai seorang santri harus punya prinsip bahwa “pemuda sekarang adalah pemimpin dimasa yang akan datang “selain pengasuh juga mengajak para hadirin untuk ikut serta dalam menyumbang satu milyar pembacaan sholawat nariyah oleh NU pusat yang akhirnya tadi pagi admin dengar berita kalua gerakan itu diapresiasi oleh Muri  dengan memberikan penghargaan kepada ketua PBNU Prof Dr. Kh. Said Agil Siradj M.A (Ketua PBNU Pusat) sebagai pemekarsa dan penyelengara pembacaan sholawat nariyah secara serntak oleh santri dan dilokasi terbanyak. Sebagai akhir dari sambutannya pengasuh berterima kasih kepada seluruh komponen khususnya keapada para alumni yang telah selama ini membantu pesantren dalam mengembangkan seluruh aspek pendidikan di dalamnya termasuk gedung dan prasarana pondok cilik yang pengerjaannya sudah rampung . makanya beliau menjelaskan group banjara Annasidusshofa yang di datangkan adalah sbagai ungkapan rasa syukur dan terimma kasih kepada alaumni . atas permintaan pengasuh akhirnya ditambahkan sesi acara baru yaitu pembacaan sholawat nariyah itu yang di pimpin oleh ust Nizar mannan .dan pada akhirnya acara inti dimulai yaitu mauidhatul hasanah dari Dr. Kh. Imam Mawardi MA.

Dalam ceramahnya yang menggebu Dr. Kh. Imam Mawardi MA memberikan pandangan baru yang menarik yan intinya memberikan motivasi pada seluruh kalangan khususnya kita sebagai rakyat Indonesia yang kekayaannya banyak di kuasai orang asing artinya masalah dunia kita hanya dapat 10% saja maka dari itu jangan mau kalah biarkan masalah dunia mereka unggul tapi untuk urusan langit kitalah yang kuasa. Sehingga pada akhirnya segela hal di dunai inipun kita akan kuasai dan banyak lagi hal hal yang beliau sampaikan yang intinya memberikan motivasi kepada kita semua para hadirin .

Acara malam  itu dilanjutkan dengan acara hiburan yang diawali dengan penampilan pancake silat dari santri PP. Miftahul Ulum Al-Islamy sebelum akhirnya dilajutkan penapilan Annasidusshofa bintang tamu acara mala itu sungguh acara yang meriah sampai tak terasa acara berlangsung sampai setengah satu malam. Besok paginya selain ada agenda yudicium di STIT-MU juga ada acara rangkaian acara lain yaitu donor darah shingga hal itu menyempurnakan segala rangkaian acara yang di halat oleh FIS (Forum Intelektual Santri) PP. Miftahul Ulum Al-Islamy

berikut sedikit vidio acara hiburan pencak silat dan  yudicium :

One thought on “Perhelatan Hari Santri dan Tahun Baru Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.